Makeup for Beginners


Hallo semua!
Weekend kali ini ada acara apa? Hang out, shopping, study for mid-term atau diem di rumah aja gak ada kerjaan? By the way, Happy Halloween everyone! Have a good weekend! 

Ngomong-ngomong soal makeup for beginners atau makeup untuk pemula, ini khusus untuk kamu - kamu yang buta banget soal makeup. Yep, gak masalah kalau sekarang kamu baru umur 13 tahun udah mulai pengen belajar makeup atau malah umur 20an++ tapi masih belum tau cara megang lipstick yang benar. Gak ada waktu pasti kapan perempuan harus bisa makeup. It depends on the person. Don't worry.

Tapi, aku ngerasa masih pemula juga jadi semua hal yang ada di postingan ini adalah makeup yang aku pakai sehari-hari. Harganya juga terjangkau karena actually you don't need to buy Rp 500.000 lipstick to be pretty. I know that expensive lipstick has better quality but balik lagi ke kita - kita yang masih kuliah atau SMA yang kebutuhannya bukan lipstick doang, ya gak? #otakekonomis #pelit
Ya udah langsung aja yukkk!




1.     Primer
Gunanya primer ini adalah supaya makeup kamu tahan lama dan membantu menutupi pori – pori kamu. Kalau aku masih pakai cream pagi dan acne cream dari Larissa mungkin setelah habis baru aku coba pakai primer. But wearing these cream everyday make me feels like I was wearing primer. 



2.     Foundation
Tahu banget nih mostly orang-orang di sekitarku (di Bali) pada males pakai foundation. Katanya ribet dan bikin jerawatan. Eits, no! Foundation gak bikin kamu jerawatan, tapi masalahnya ada di kebersihannya. Foundation emang tugasnya nempel di kulit jadi harus dibersihkan berkali-kali untuk make sure wajah kamu bener-bener bersih. Cuci muka pakai sabun aja gak cukup. Nanti bakalan aku bahas di skin care routine ya.

Fungsi foundation ini adalah untuk meratakan warna kulit kamu, menyamarkan dark spot dan menahan makeup supaya tahan lama. Ini juga optional, kalau kamu malas tapi kamu punya dark spot, tinggal pakai concealer aja untuk nutupinnya.

Nah, sebenernya ini bagian yang paling susah sih. Memilih warna yang cocok di kuit kamu.
Aku berkali-kali salah pilih warna foundation yang akhirnya aku pakai campur aja sayang kalau gak dipakai #gakmaurugi. Kadang warnanya terlalu terang, atau terlalu gelap sampe bikin kult aku orange, dll.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMILIH FOUNDATION
§  Shade – Paling susah di cari. Sewaktu kamu beli foundation, jangan dicoba di kulit tangan, karna warna kulit tangan kadang (atau malah sering) gak sesuai sama warna kult wajah kita. Kayak aku, tanganku kadang lebih putih daripada warna wajah aku, atau sebaliknya. Jadi, caranya adalah, coba olesin di leher kamu karna itu adalah bagian kulit terdekat dengan wajah jadi warnanya 99 per cent sama.
§  Coverage – Pilihannya ada full, medium, or sheer coverage. Aku saranin medium coverage untuk pemakaian sehari-hari supaya tidak berat. Full biasanya untuk ke acara atau perform gitu.
§  Finish - Matte finish (untuk kulit berminyak) Dewy (untuk kulit kering) Satin (cocok untuk semua jenis kulit)
 Details:
·      Ires from CNI. Shadenya natural beige.
·      Stay matte but not flat liquid foundation from NYX. Shadenya SMF08 Golden Beige.
·      Fit Me! From Maybelline. Shadenya 315 Soft Honey.
·      Ultra cover liq matt foundation from Make Over. Shadenya 04 Amber Rose
3.     Concealer
Mungkin untuk beberapa dari kalian menganggap concealer ini optional ya. Jangan salah, ini tuh harus kudu wajib dilakukan! Terutama buat kamu yang punya kantung mata dan bekas jerawat yang mengganggu.
Concealer ada berbagai macam bentuknya, ada liquid, stick dan cream. TIPS:
ü  Pilih concealer yang warnanya lebih terang satu tone dari warna kulit asli kita
ü  Pemakaian foundation sebelum pemakaian concealer hasilnya jauh lebih baik dari pada pakai concealer aja.
ü  Pakainya ditepuk jangan ditarik naik turun.
Instant Age Rewind Concealer by Maybelline


4.     Powder
Gak tau ya aku kurang excited sama bedak. Sejak pertama kali aku pakai makeup, aku gak pernah coba pakai merk lain selain Maybelline ini. Selain karna murah banget – bangetan, rasanya kayak gak penting aja gitu. Bukan berarti setelah makai foundation concealer dll kamu gak perlu pakai bedak, BUKAN. Pakai bedak itu wajib dan harus, tanpa pengecualian.
Tapi buat kamu yang bingung pilih powder apa. Usahakan sesuai dengan warna kulit. Lalu, kalau kulit kamu berminyak, pilih powder yang matte finish. Jangan sampai berdempul! Inget!

5.     Eye Brows
Ada yang bilang I make brow contact before eye contact atau eyebrows speak louder than words  atauuu eat, sleep, shape brows, repeat. Yep, walaupun foundation, lipstick, contour kamu ok,  tapi eyebrow kamu berantakan, itu merusak semuanya. Like literally.
So far, produk yang aku pakai adalah…
§  Eye brow pencil shade EP04 by NYX
§  Brow This Way by Rimmel London
§  Eye brow pencil by Viva

Favouriteku sampai sekarang adalah Viva. Kenapa? Kalau Rimmel pemakaiannya agak ribet, kalau NYX aku belum pernah coba baru beli kemarin hehe. Tunggu reviewnya ya!
  

6.     Eye Liner
Untuk aku, eyeliner itu optional karena mata aku ukurannya besar jadi aku jarang pakai eyeliner karna untuk menghasilkan perfect eyeliner shape itu butuh waktu yang lama. Kan mager banget kalau kuliah doang pakai eyeliner. Belum lagi ngapusnya #malas. 

Produk – produk yang aku pakai:
·       Hyper Sharp Liner dari Maybelline
Aku udah coba produk ini sejak SMA kelas 1 a.k.a 3 tahun lalu dan selalu berakhir beli lagi beli lagi.
Kelebihannya:
ü  Cepat kering. Jadi kamu gak perlu merem dulu untuk nunggu eyelinermu kering.
ü  Applynya gampang
ü  Waterproof
Kekurangannya:
ü  Cepet kering. Sudah dua kali aku berakhir untuk beli lagi karna tutupnya sering kebuka sendiri terus waktu aku mau pakai, udah kering.

·       Pen ultimate Eye Liner Rapidblack dari Mac
Aku baru coba produk ini 3 minggu lalu dan ternyata hasilnya adalahhhhh biasa aja.
Kelebihannya:
ü  Waterproof
Kekurangannya:
ü  Pengaplikasiannya susah. Gak tau karna aku yang bego atau gimana tapi sering banget tintanya gak keluar which means bikin eye liner shaped aku jadi gak karuan.
ü  Overpriced.

·       Master Precise by EYESTUDIO dari Maybelline
Aku beli ini awalnya karena Hyper Sharp Liner dari Maybelline ku itu kering, habis. Jadi, aku memutuskan untuk cari produk itu di sini tapi gak ada. Mungkin cuma ada di Indonesia ya. Lalu, akhirnya aku memutuskan untuk coba yang ini. Merknya sama jadi aku pikir kualitasnya gak jauh beda.
Kelebihannya:
ü  Warnanya tebel. Kusuka
ü  Cepet kering
Kekurangannya:
ü  Tidak waterproof

Setelah sampai rumah, aku baru sadar ternyata Pen Ultimate Eye Liner dari MAC packagingnya serupa banget dengan Master Precise dari Maybelline ini. They were not even try. Please. 

Kalau disuruh milih, aku lebih milih pakai produk ini ketimbang Mac. Walaupun dari fisik sama, setelah dipakai, kenyamanannya beda, asik. Seperti yang aku bilang tadi Pen Ultimate Eye Liner dari MAC itu pengaplikasiannya susah. Padahal bentuk pen-nya gak jauh beda. Literally SAMA. Jauh lebih gampang pakai produk ini.


7.     Blush On
Aku mulai rutin pakai blush sewaktu lulus sma. Temenku Nadya keliatan fresh aja gitu setelah pakai blush on jadinya tertarik make juga. Awalnya males banget kan takut ketebelan kayak Annabelle. Tapi kalau kamu pakainya bener, blush on will helps you to look more healthy and fresh. Karena aku new-bie di dunia blush on, jadi aku baru pernah pakai satu produk. Lagi-lagi Maybelline #timmurahmeriah.

8.     Mascara
Ini bukan optional. Mascara adalah suatu kewajiban. Aku selalu beli mascara yang waterproof. Ketiga mascara ini adalah mascara yang paling aku suka. Kalau habis, mungkin aku bakalan beli produk yang sama.


9.     Contour
Mulai pakai contour semenjak masuk college. Awalnya karena sering ngeliat instagramer yang keliatan dramatik setelah pakai contour. Makenya juga perlu teknik sih, asek, supaya jadi contour beneran, bukannya cemong. Pertamanya rada aneh sih ngeliat ada “brown thing” di cheek bone, tapi contour do really helps you to get pipi tirus dalam sekejap. Ini optional juga. Selama ini aku pakai bronzer dari Make Over. 






10.   Eye Shadow
Ini super optional. I mean, kamu gak harus pakai eye shadow kalau pergi. Aku belum ahli dalam eyeshadow soalnya jarang pakainya. Selama ini aku cuma pakai 3 warna ini dari Make Over dan Wet n Wild. 


11.   Lipstick
Sebenarnya lip product bukan lipstick aja sih, tapi masih ada lip balm, lip gloss, lip tint, lip cream, lip liner, lip primer, etc.
·       Lip balm: biasa dipakai utuk mengatasi bibir pecah-pecah atau bibir kering. Lip balm biasanya gak berwarna. Atau mungkin kalaupun berwarna, gak begitu terlihat di bibir kita.

·       Lip gloss: seperti namanya yang lip dan gloss #apasih, tentunya hasil lip gloss ini glossy alias mengkilap. Aku gak begitu suka lip gloss karena gampang hilang dan gak tahan lama.

·       Lip tint: barang ini ngetrend banget pas aku SMA kelas 2, gak tau kenapa. Rasanya semua anak SMA satu kota bangga banget kalau ditanya pakai lipstick apa, mereka jawab “pake liptint” dengan emot smile. Like da fuck, itu bikin aku pengen coba juga, huh ngeselin. Lip tint ini umumnya cepet kering, dan warnanya susah hilang. Kekurangannya, liptint ini tahan lama di bagian bibir dalam dan gampang hilang di bagian bibir luar. Ngerti gak? Jadi lip tint ini seperti memberikan Korean Vibes gitu. Mungkin sebagian orang suka ya, tapi aku BIG NO. Karena warna bibir aku gelap jadi bayangin aja jadi ombre gak jelas gitu. Liptint yang pernah aku pakai adalah ini.

·       Lip cream: nah yang ngetrend ketika aku SMA kelas 3 tuh ini, lip cream. Like cewek SMA sekota pakai NYX Lip Cream. Bedanya, kali ini aku gak ikut-ikutan. Yep, temen aku beli NYX lip cream juga cuma aku gak begitu suka. Jadi lip cream ini teksturnya creamy. Umumnya lip cream ini matte. Banyak yang bilang tahan lama tapi kenapa di aku malah cepet hilangnya ya?

·       Lip liner: bagian ini beda. Ini bukan termasuk barang ngetrend tapi kebutuhan. Lip liner ini umumnya punya ujung yang runcing seperti pensil (atau malah beneran pensil) yang bikin kita gampang pakainya (khususnya untuk yang punya bibir tipis). So far, lip liner yang pernah aku coba adalah ini…

·       Lip stick: siapa yang gak tau lipstick? Lipstick umumnya ada dua jenis. Creamy/glossy and matte. Sudah pasti yang lebih tahan lama adalah yang matte.

Jadi, itu semua adalah produk yang selama ini aku pakai. Kamu gak harus beli semuanya sekalian. Dipilih aja dulu yang mana menurutmu paling penting like lipstick atau bedak atau eyebrow pencil gitu-gitu. Masih ada suatu hal yang menjanggal di hati yang pengen kamu tanyain? Jangan bertanya – tanya dalam hati. Cukup tinggalkan pertanyaanmu di kolom comment di bawah ini (pssttt, kalau malu bertanya bisa anonymous kok). I hope it helps!





Comments

Popular Post